[App] Belajar Angka Native dan Sino Korea dengan Aplikasi Korean Numbers & Counting

Belajar Angka Native dan Sino Korea dengan Aplikasi Korean Numbers & Counting
Nama App: Korean Numbers & Counting
Versi: 6.1123
Size: 2.06 MB
Developer: Ajeic
Diperbaruhi pada: 13 Okt 2014

Dalam kesehariannya, orang Korea menggunakan 2 jenis angka, yaitu Native dan Sino. Angka native merupakan angka yang berasal dari Korea. biasanya digunakan untuk menyatakan umur. Sedangkan angka sino adalah serapan dari bahasa Cina. Angka sino ini biasa dipakai dalam menghitung uang, nomor telepon, dll.


Jika teman-teman tertarik untuk belajar angka Korea, baik yang native maupun sino, maka app bernama Korean Numbers & Counting bisa menjadi rujukan. Dalam app ini, ada beberapa menu yang dikumpulkan berdasarkan tingkatannya.

Basic Lesson
Pada basic lesson, terdapat 3 menu. Pertama, Native Korean Number yang berisi tentang angka native dari angka 1-10, dilanjutkan dengan puluhan seperti 20, 30, 40, sampai dengan 90. Angka selanjutnya adalah 100, 1000, 10k, 100k, dan 1m. Menu kedua, Sino Korean Number yang menyediakan angka 1-10, kemudian lanjut 100, 1000, 10k, 100k, dan 1m. Menu terakhir, Basics & Tips Guide yang berisi informasi mengenai angka native dan sino digunakan untuk apa saja, serta bagaimana menuliskan angka seperti 12, 64, 73, 89 baik pada native maupun sino.
Basic Lesson Aplikasi Korean Numbers & Counting

FYI, untuk angka 100 ke atas, Native Korean number mengikuti atau dengan kata lain memiliki angka sama dengan Sino Korean number. Jadi, bisa dibilang sih, angka native itu sebenarnya gampang. Tinggal mengingat saja angka 1-10, kemudian puluhannya 20,30 sampai 100. Jika semua angka itu sudah kita hafal, bisa diartikan kita telah menguasai angka native. (Ya, meskipun pada kenyataannya, sampai saat ini aku hanya bisa menghafal 1-10 saja. Haha).

Lesson Option
Pengaturan untuk menampilkan Romanization atau bahasa inggrisnya. Bagi yang belum terbiasa dengan hangul, ada baiknya mengaktifkan menu ini.

Flash Card Practice
Pada menu ini, kita akan diajak untuk mengingat kembali angka yang sudah dipelajari di Basic Lesson. Konsepnya, terdapat angka yang harus kita sebutkan dalam bahasa Koreanya. Meskipun tidak ada benar salah (memberikan nilai tertentu), tapi untuk mengetahui kemampuan kita, ada baiknya menjawab atau menebak dulu sebelum langsung menekan Show Answer.
Angka Native Korea - Aplikasi Korean Numbers & Counting
Angka Native Korea

Jika pada menu Native, kita menyebutkan angka native-nya. Sedangkan menu Sino, kita menjawab dengan angka sino. Berbeda dengan angka native yang hanya terdapat satu menu latihan, untuk sino latihannya sampai level-V.

Advanced Flash Card Practice
Pada bagian ini, kita hanya diajak latihan angka sino saja. Ya, karena memang yang perlu banyak dipelajari itu angka sino. Konsepnya merupakan kebalikan dari latihan sebelumnya. Kita diminta menjawab atau menebak angka berapa berdasarkan huruf hangul yang muncul. Terdapat 5 level dengan angka paling rendah 0 dan tertinggi 99.9999.

Hours and Minutes Practice
Untuk menyebutkan waktu, kita menggabungkan angka Native dan Sino, yang mana jam menggunakan native, sedangkan menit memakai sino. Pada bagian ini, kita bisa berlatih untuk menyebutkan waktu menggunakan angka-angka yang sudah dipelajari.
Hours and Minutes Practice - Aplikasi Korean Numbers & Counting

Untuk latihan Hours and Minutes tidak dijelaskan bagaimana format penulisan angka native yang sudah mengalami perubahan. Dalam contoh ini, digunakan untuk menunjukkan jam. Silahkan lihat gambar di atas! Maka bisa kita simpulkan, format angka native jika digunakan dalam jam adalah: (berlaku juga untuk penggunaan angka native pada umur, dll)
하나/ha-na/  menjadi /han/ (satu)
/dul/ menjadi /du/ (dua)
/set/ menjadi /se/
/net/ menjadi/ne/ (empat)
Untuk format angka 5 dan seterusnya, tidak mengalami perubahan.

Listening Practice
Lagi-lagi di sini kita hanya latihan angka sino. Kita diminta menuliskan angka berdasarkan suara audio. Nanti di-cek, apakah angkanya perfect untuk jawaban benar. Kalau salah bisa menjadi over jika melebihi angka seharusnya, atau sebaliknya muncul keterangan under.
Listening practice - Aplikasi Korean Numbers & Counting

Catatan aplikasi Korean Numbers & Counting:
  • Tidak ada game, seperti penambahan atau pengurangan nilai dalam menjawab soal latihan.
  • Untuk penulisan romanization/inggrisnya ada yang berbeda dari apa yang sudah aku pelajari di rujukan lain. Entahlah, mungkin tidak ada penetapan atau pembakuan mengenai hal ini. Contohnya seperti penulisan 2 dalam angka sino itu “i”, sedangkan di aplikasi ini ditulis “ee”. Atau 4 yang aku tahu itu “sa”, di aplikasi ini ditulis “sah”, dll. Ya, meskipun pada intinya suara yang dikeluarkan itu sama, namun buatku hal ini sedikit membingungkan. Maka dari itu, jika berlatih sendiri aku lebih memilih untuk menonaktifkan romanization/inggrisnya. (Tidak disarankan bagi yang masih belum bisa baca huruf hangul, ya).
  • Jujur aku sendiri belum fasih dalam pengucapan bahasa Korea. Tapi, jika boleh berkomentar, sepertinya suara audio di aplikasi Korean Numbers & Counting tidak diucapkan oleh native Korean.
  • Pengucapan angkanyanya dieja per kata (tidak ada linking antar satu kata dengan kata lain). Misal, 21 angka sino dieja i-sib-il. Jika diucapkan oleh native Korean, maka yang akan terdengar adalah isi-bil.
  • Bagi yang belum “lancar” membaca huruf hangul, bisa juga menggunakan aplikasi ini untuk belajar angka. Namun jika boleh saran neh, ada baiknya belajar hangul dululah. :D


Akhir kata, selamat belajar angka native dan sino Korea dengan aplikasi Korean Numbers & Counting!

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya. ^_^
Dan mohon maaf untuk komentar yang menyertakan link akan dihapus.